BREAKING NEWS
Loading...

Berita

Kabupaten

Malang Raya

Info

Nasional

Artikel

Internasional

Motivasi

Masjid Nurmuttaqin Wonokerso dan H Achmad Subhan
Berbagi Informasi Kabupaten Malang

Ilustrasi malangkab
Wonokerto (6/11)-Hari Raya Idul Adha di Kabupaten Malang memberikan makna yang begitu mendalam. Idul Adha selalu mengingatkan manusia akan hikmah pengorbanan di jalan Allah. Perintah menyembelih itu sebenarnya merupakan perintah untuk melaksanakan nazar Nabi Ibrahim ketika memohon anak lelaki shaleh yang dapat membantunya berdakwah.Nazar ini muncul pada suatu kali saat Nabi Ibrahim A.S melaksanakan qurban 300 ekor kerbau, 1000 ekor kambing, 100 ekor unta."Sebelum proses penyembelihan itu, terdapat dialog antara Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Ismail A.S yang begitu terkenal. Keduanya terbukti sebagai hamba Allah yang sabar. "Hai Ayahku, ikatlah tanganku sehingga tidak mengganggumu, tengkurapkan wajahku supaya kau tak terharu dan tidak timbul kasih sayangmu, jagalah pakaianmu agar tidak kena cipratan darahku sehingga mengurangi pahalaku dan membuat sedih ibuku,asahlah baik-baik pisaumu sehingga meringankan rasa pedihku, bawalah pakaianku pada kepada ibuku,sampaikanlah salamku kepada ibuku agar ia sabar menjalankan perintah Allah, jangan beritahukan kepadaku bagaimana kau mengikat dan menyembelihku dan jangan biarkan anak remaja mendekat kepada ibuku sehingga ia mengingatku sehingga ia sedih,"kata Ismail.
Lalu Nabi Ibrahim segera melaksanakan penyembelihan itu, tapi ternyata pisau itu tidak dapat memotong. Ia lalu mencoba pada sebuah batu yang kemudian bisa terbelah menjadi dua.Ia lalu berkata kepada pisau itu,"Engkau dapat memotong batu tapi tidak dapat memotong daging."
Pisau itu menjawab,"Engkau memerintahkan aku memotong, sedangkan Allah melarangku, bagaimana aku dapat melaksanakan itu." Usai tanya jawab itu, akhirnya Allah menggantikan Nabi Ismail dengan hewan sembelihan.
Takbir yang dilakukan umat Islam berasal dari riwayat saat Nabi Ibrahim menggosokkan pisau ke leher Nabi Ismail dan disaksikan oleh Malaikat Jibril. Dijawab Nabi Ibrahim dengan Lailaha illallahu Allahu Akbar, disambung oleh Nabi Ismail dengan perkataan Allahu Akbar Walillaahilhamd.
Sikap pasrah kepada Allah inilah yang menjadi hikmah yang besar. Kita juga melihat pemimpin bangsa ini saling menjatuhkan. Kita sebagai bangsa harus menunjukkan bangsa yang berakhlakuk karimah,” katanya.
Pada kesempatan yang sama, Wabup H. Achmad Subhan menyerahkan satu ekor sapi qurban kepada takmir masjid. Tahun ini, Masjid Nurmuttaqin menyembelih dan menyalurkan daging 3 ekor sapi dan 7 ekor kambing kepada mustahiq (yang berhak mendapatkan)

Sumber : malang kab
Pesan Tersirat :

Check

Anda dapat mengirimkan foto/ Artikel tentang daerah anda kirmkan melalui email ke malangkab@mail.com

Saatnya Berbagi :
Share on WhatsApp
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Komentar Facebook :

Komentar dengan Akun Google :

Tidak ada komentar:

Terimakasih komentar yang diberikan


Top
Submit Express Local SEO